Waralaba, Usaha Menjanjikan Untuk Mendapatkan Tambahan Income 2019

Spread the love

Bisnis waralaba merupakan bisnis yang sudah ada sejak dulu. Dan mungkin salah satu perusahaan yang termasuk waralaba dan sudah tidak asing di telinga kita, ialah KFC. Namun, apa sih waralaba itu? Jika digambarkan, sederhananya adalah waralaba itu seperti usaha yang memiliki reseller namun menitikberatkan pada pembagian brand.

Apa Saja Jenis Usaha Waralaba Yang Berkembang Di Masyarakat?

Jadi, kalau Anda reseller dari perusahaan berbasis waralaba tersebut, Anda nantinya akan memakai brand dari perusahaan tersebut, namun harus memenuhi beberapa syarat tertentu. Untuk jenisnya sendiri, ada beberapa usaha waralaba yang bisa Anda tekuni, diantaranya adalah:

Berdasarkan Produknya

Ada beberapa jenis waralaba berdasarkan produknya. Seperti yang pertama adalah : waralaba produk. Merupakan jenis waralaba yang menawarkan beberapa barang seperti makanan atau beberapa produk lain. Contohnya sendiri sudah disinggung, yakni KFC.

Yang selanjutnya adalah waralaba jasa. Merupakan jenis usaha yang menitikberatkan pada jasa yang diperlukan oleh kebanyakan orang. Diantaranya seperti Photo Studio, Pendidikan, agen perjalanan, dan lainnya. Atau yang lebih gamblangnya adalah beberapa tempat bimbel yang sering kita temui di beberapa tempat.

Yang terakhir ada waralaba gabungan. Selain menyediakan barang, usaha ini juga menyediakan jasa yang bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Gambarannya kurang lebih seperti seseorang yang memiliki tempat studio foto, namun mereka juga menyediakan jasa fotografernya.

Berdasarkan Asalnya

Dimana terdapat dua tempat untuk jenis ini, diantaranya ada dari luar negeri. Pasti dari Anda sudah tidak asing dengan KFC, atau sejenisnya yang merupakan merk dari luar negeri. Dan tidak dipungkiri pula bahwa perusahaan tersebut sekarang sudah memiliki banyak cabang di Indonesia.

Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia masih suka dengan gaya hidup ala orang barat, terutama dalam masalah jenis makanan. Dan imbasnya, KFC semakin pesat perkembangannya di Indonesia. Mungkin salah satu cabangnya ada di lingkungan tempat Anda tinggal.

Yang selanjutnya ada dari dalam negeri. Contoh yang paling menonjol untuk jenis ini adalah beberapa restoran cepat saji yang sampai detik ini masih diminati oleh kebanyakan orang di Indonesia. Bisnis ini menitikberatkan untuk beberapa orang yang tidak mau ribet soal perkembangan sebuah perusahaan.

Mereka mencari cara bagaimana produk usaha mereka bisa dinikmati oleh kebanyakan orang, tanpa harus melalui berbagai step yang sangat banyak, bahkan bisa dibilang sangat ribet. Dan untuk keuntungannya sendiri, bisnis ini bisa dibilang menjanjikan.

Namun Selain Itu, Apakah Ada Jenis Waralaba Yang Memiliki Modal Yang Sangat Minim?

Bukan hanya itu saja, ada juga beberapa usaha waralaba lainnya yang memiliki modal yang minim, namun mereka juga sangat menjanjikan untuk dijadikan usaha tetap Anda. Seperti yang pertama ada waralaba minuman.

Jenis ini sudah banyak di beberapa tempat di seluruh penjuru wilayah Indonesia. Seperti contohnya adalah es dawet, ataupun es cappuccino cincau, dan sejenisnya. Beberapa jenis usaha tersebut memiliki minim modal, dan ajaibnya lagi  usaha ini memiliki hasil bersihnya juga sangat menguntungkan.

Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan usaha laundry kiloan. Jenis usaha waralaba ini juga memiliki keuntungan yang cukup besar. Meskipun memang dibutuhkan tenaga yang cukup ekstra untuk melakukannya, mulai dari menyetrika, mencuci, dan kegiatan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Dan yang pasti, Anda sangat membutuhkan beberapa orang untuk bisa bekerja sama dengan Anda sebagai karyawan di perusahaan Anda tersebut. Selanjutnya adalah usaha bidang kecantikan serta kesehatan.

Biasanya jenis usaha waralaba ini sering ditemukan di beberapa tempat di Indonesia. Seperti klinik kecantikan khusus seperti menyediakan layanan spa, dan lainnya. Bukan hanya itu, mereka juga menyediakan jasa cek jenis kulit dan perawatannya, juga produk apa yang direkomendasikan untuk pelanggan mereka.

Tapi, Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Usaha Waralaba Ini?

Kita ketahui bahwa usaha waralaba menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan oleh beberapa orang. Tidak heran ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dari usaha waralaba ini. Diantaranya adalah: mereka memiliki sistem manajemen yang sudah ada atau paten.

Seperti beberapa perusahaan waralaba yakni KFC, dan sejenisnya, yang telah memiliki reputasi yang sangat bagus bahkan bisa dibilang perusahaan tersebut sudah menjadi perusahaan yang terpercaya dalam bidangnya.

Selain itu, mereka sudah memiliki aturan yang dirancang sejak berdirinya perusahaan tersebut di wilayah asal mereka. Jadi, beberapa perusahaan cabang KFC yang ada di Indonesia, hanya tinggal mengikuti aturan manajemen yang ada.

Selanjutnya, sudah memiliki nama brand yang terkenal dan dekat dengan masyarakat. Kembali ke KFC, kita sudah paham, bahwa brand ini sudah memiliki reputasi yang sangat baik dalam melayani pelanggan setianya. Beberapa penghargaan mereka raih, menjadi bukti bahwa mereka memang perusahaan yang sangat kredibilitas di bidangnya.

Meski hal tersebut menjadi salah satu patokan kita, namun yang terpenting adalah, mereka memiliki aware kepada karyawan mereka, agar mereka memiliki kondisi tubuh yang prima, dan hal tersebut bisa berimbas pada pelayanan yang prima juga kepada pelanggan setia mereka.

Namun tidak enaknya adalah usaha waralaba sangat bergantung dengan jumlah barang yang disediakan dari pusat. Ini sangat mengganggu jalan usaha yang ada, dan membutuhkan mental bagi beberapa karyawan yang harus menghadapi kekecewaan para pelanggannya.

Dan yang lebih tidak mengenakkan adalah  tidak bisa mengembangkan beberapa produk yang dianggap bisa lebih maju. Bisa dibilang, mereka memiliki minim sebuah inovasi dari orang lain. Sekian mengenai ulasan kali ini, terima kasih.